Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman
ayam petelur

Ayam petelur paling produktif di dunia

Ayam petelur paling produktif di dunia

ayam petelur

Asal-usul ayam petelur

Manusia prasejarah mulai meninggalkan aktifitas berburu dan meramu saat budaya bercocok tanam dan beternak mulai muncul. Berbagai jenis tumbuhan penghasil bahan pangan dan obat-obatan, mulai dikumpulkan, ditanam dan dikawinsilangkan. Demikian pula dengan berbagai jenis hewan liar yang berhasil dijinakkan (domestikasi) untuk diambil dagingnya, susunya dan dimanfaatkan tenaganya untuk berbagai keperluan.

Salah satu hewan paling penting yang berhasil dijinakkan manusia adalah ayam hutan merah. Saat ini terdapat ratusan galur (varietas atau breed) ayam sebagai hasil proses budidaya dari ayam hutan merah selama ribuan tahun.  Ayam-ayam modern ini memiliki bentuk fisik, warna bulu dan perilaku yang jauh berbeda dengan nenek moyangnya.

Seiring dengan berkembangnya populasi manusia, ayam juga tersebar lebih luas. Ayam-ayam yang dipelihara di daerah beriklim dingin berkembang menjadi ayam tipe mongoloid yang bertubuh gempal membulat, berbulu lebat dan tak bisa terbang.

Ayam yang dibudidaya di daerah terbuka beriklim kering berkembang menjadi tipe malayoid yang berbulu jarang, berkaki jenjang, berkarakter tangguh dan bertubuh kekar. Sedangkan ayam kampung daerah tropis yang dilepas bebas mencari makan sendiri di sekitar rumah, digolongkan dalam tipe bankivoid. Ayam ini memiliki ciri yang tidak berbeda jauh dengan tetua awalnya.

Ayam galur murni

Selama ribuan tahun, manusia terus berinovasi dengan melakukan proses seleksi dan kawin silang untuk mendapatkan ayam dengan sifat-sifat unggul yang diinginkan, seperti: tumbuh cepat, jinak, berbulu indah, menghasilkan telur dan daging yang banyak, bersuara unik dan merdu atau memiliki fisik yang tangguh.

Ayam-ayam yang memiliki ciri khas dengan karakter seragam dan stabil ini disebut galur murni (purebreed). Saat ini terdapat ratusan galur murni ayam peliharaan di seluruh dunia. Beberapa diantaranya adalah: Andalusia, Araucana, Brahma, Bangkok, Croad Langshan, Cornish, Cemani, Dominique, Kedu, Leghorn, Minorca, Orpington, Pelung, Poland, Plymouth Rock, Rhode Island Red, Sussex, Wyandotte dan lain-lain.

ayam, petelur, paling, produktif, di, dunia

Adapula peternak yang melakukan seleksi dan kawin silang terhadap ayam-ayam berukuran paling kecil untuk menghasilkan jenis ayam galur murni (purebreed) bertubuh mungil seperti: Ayam Kate dan Serama. Ayam-ayam bertubuh mini ini termasuk dalam kelompok tersendiri yang disebut Bantam.

Biasanya ayam bantam ini memiliki varian dengan versi ukuran normal. Namun ada pula ayam Bantam yang  sudah tidak memiliki varian dengan ukuran ayam normal. Ayam ini disebut True Bantam.

Perkembangan teknologi dan industri dalam satu abad terakhir, telah mengubah drastis perilaku dan kebiasaan hidup manusia. Salah satu yang berubah adalah bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Di masa lalu, masyarakat lebih bersifat agraris. Aneka buah, sayur mayur dan sumber protein seperti daging dan telur diusahakan sendiri dengan berkebun dan beternak di sekitar rumah. Namun, seiring berkembangnya zaman, pemenuhan kebutuhan hidup ini berkembang menjadi semakin praktis dan cepat. Berbagai kebutuhan sehari-hari ini dapat dibeli dengan mudah di toko-toko dan minimarket.


sumber : duniapeternakan.com