Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman

Bidang Transportasi

Bidang Transportasi

Pada suatu bidang tertentu komputer membantu meningkatkan efisiensi proses yang ada dan pada bidang lainnya mereka mendorong munculnya inovasi baru. Banyak industri baru yang bermunculan karenanya. Contoh pemanfatan komputer dalam bidang transportasi :

  1. Mobil Pandai

Sekarang ini dalam dunia transportasi telah dikembangkan suatu alat transportasi yang dikendalikan oleh komputer berupa mikroprosessor.  Mikroprosessor dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan mobil. Misalnya tahun 1985, Oldsmobile dari Amerika Serikat telah menerapkan sistem kendali berbasis mikroprosessor yang mendapatkan masukan data dari berbagai sumber seperti :

1)      Meter pompa injeksi (beban mesin)

2)      Alternator (putaran mesin per menit)

3)      Sistem pendinginan mesin

4)      Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuangan gas

5)      Gigi transmisi

Data tersebut diolah oleh mikroprosessor untuk mengadakan tindakan pencegahan agar mesin tidak terlalu panas, memantau putaran mesin, beban mesin dan penggunaan gigi transmisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Bahkan sekarang ini telah dikembangkan mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa perlu mengemudi ( auto pilot ), prinsip kerjanya dengan menggunakan sensor terhadap jalan yang dilaluinya, kemudian diolah pada mikroprosessor .

  1. Pendekatan Sistem Terintegrasi

Mobil Mark II Continental dari Ford Motor Company memiliki CRT (Cathode Ray Tube) pada papan kendalinya untuk menampilkan  informasi tentang temperatur, sisa bahan bakar, keterangan perjalanan (peta), waktu, kalender, catatan perawatan dan kecepatan rata-rata dari kendaraan

  1. Informasi Perjalanan Beberapa jenis komputer yang khusus dirancang untuk mengolah informasi perjalanan telah dimanfaatkan pada beberapa jenis kendaraan. Informasi yang diolah meliputi konversi dari kilometer ke mil, perkiraan jarak tempuh untuk bahan bakar yang ada dan kecepatan rata-rata kendaraan.
  2. Diagnosis Kendaraan dan Perawatan

Cadillac produksi tahun 1985 telah mampu untuk menampilkan sampai 43 jenis kerusakan pada sistem kendaraan tersebut sehingga teknisi dapat memanfaatkan informasi ini untuk mengarahkan proses perbaikan. Dampak negatifnya adalah hilangnya kesempatan bengkel kecil karena tidak mampu untuk membeli perawatan diagnosis tersebut. Sistem semacam ini terus dikembangkan dan mengarah pada sistem navigasi dengan bantuan satelit bumi. Komputer menyimpan peta jalan dan membantu menentukan posisi kendaraan pada suatu saat tertentu. Pengaturan jadwal dan jalur penerbangan, pengaturan jadwal penerbangan dan transit diatur dengan komputer. Sistem navigasi kapal laut, untuk menentukan posisi atau koordinat dan arah gerak kapal laut.

sistem admenistasi penjualan tiket di bandara, stasiun dan terminal bus.

Pengaturan lalu lintas darat, sekarang ini telah dimanfaatkan pemasangan kamera CCTV untuk memonitor keadan lalu lintas.

RECENT POSTS