Hai!
Kamu pertama kali belanja kosmetik dari korea via Shopee ?
Bingung mau lacaknya dimana  ?
Simak artikel berikut ya ~

Marketkueen.id
Sebelum berbelanja pastikan toko yang kamu pilih beneran dari korea yah jangan ternyata dari negara sebelah yang ngejual produk palsu dengan harga very mursidah. Kalau masih bingung toko kosmetik korea yang rekomended bisa kalian cek dipostinganku disini. Untuk berbelanja dari luar negeri dan dikirim ke Indonesia juga ada beberapa peraturan penting dari bea cukai agar pesanan kita lolos sampai rumah tanpa kena pajak tambahan.
Plusq.id
Berdasarkan ketentuan untuk pembebasan barang impor dengan nilai pabean di bawah USD75 berdasarkan konversi itu sekitar Rp.1000.000 dan juga penerimaan barang hanya satu kali dalam satu hari, jadi sebaiknya kalau mau order barang di atas sejuta lebih baik dipisah jadi 2 pemesanan dan dilakukan di hari yang berbeda ya. Apabila nilai pabean melebihi batas pabean maka akan bea masuk dan pajak dipungut atas seluruh nilai pabean dari semua barang tersebut.
Tracking via shopee

Setelah pesananmu dikirimkan shopee akan mengupdate resinya dengan Shopee Express Korea. ID resi biasanya diawali dengan tulisan ID diikuti nomor resi. Biasanya shopee korea menggunakan jasa pengiriman dari YSL namun ntah mengapa tidak bisa kita lacak sendiri via websitenya. Namun, setelah beberapa hari pengiriman kita dapat melacak pesanan kita via beacukai. Nomor resi bakal terlacak apabila pesanan kita sudah sampai di Indonesia.

beacukai

Untuk melacak resi di beacukai bisa cek di sini.

Setelah masuk ke web beacukai silahkan isi kolom pertama dengan nomor resi dan kolom kedua dengan chaptcha lalu klik submit.
Lacak via beacukai
Apabila pesanan kamu sudah sampai di Indonesia, maka akan tampak hasil pencarian. Namun, apabila hasil tidak ditemukan mungkin paket kamu masih di jalan jadi bisa ditunggu beberapa hari lagi. Biasanya paket kita akan sampai di Indonesia sekitar 3-4 hari setelah status “Paket telah dikirimkan dari pusat sortir korea” via Shopee atau bahkan lebih cepat.
beacukai
Apabila barangmu sudah terlacak di beacukai, ada baiknya terus memantau agar kita tau bahwa barang kita telah lolos atau mungkin tersendat karena masalah pajaknya. Setelah status “Barang keluar dari gudang.” barulah bisa sedikit lega karena barang akhirnya akan dilepaskan ke kurir dan dikirim ke alamat kita. Menariknya belanja di Shopee kita tidak perlu menyiapkan dokumen-dokumen lagi untuk pembebasan bea cukai impor jadi sepertinya sudah diurus sama Shopee itu sendiri jadi yang awam pun bisa nyaman belanja tanpa khawatir berlebihan hehe.
Shopee
Setelah pesanan kita keluar dari gudang beacukai, Shopee langsung mengupdate resinya dan mengirimkan paket kita menggunakan JNE. Resi jnenya bisa kalian liat di pelacakan pesanan via Shopee. Setelah itu tinggal tunggu pengiriman dari jne atau kalau mau dilacak lagi silahkan buka web jne ya.
Menurutku secara pribadi, dari semua jenis ecommerce belanja via Shopee lebih memberi kesan yang seru dan menyenangkan. Dulu, pernah belanja import dari ecommerce lain justru selalu kena biaya tambahan dari kurir yang nganterin. Sedangkan dari Shopee tidak asal kita sesuai dengan ketentuan bea cukai saja.
Sekian artikel kali ini semoga membantu dan memberikan wawasan buat kita semua. Kalau ternyata masih ada yang kurang silahkan komen ya agar kita bisa saling bertukar informasi. Silahkan juga sharing pengalaman belanja kalian di kolom komentar. Terimakasih ~~