Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman

Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama –Terkadang ketika kita sudah menggunakan Smartphone kita dengan waktu yang cukup lama, akhirnya baterai Smartphone kita tersebut cepat habis atau langsung ngedrop. Hal itu disebabkan karena kita tidak merawat baterai smartphone tersebut.

Umumnya baterai smartphone akan tetap hidup hingga 2-3 tahun. Tetapi terkadang ada saja baterai smartphone yang masih 1 tahun langsung cepat habis. Jika hal tersebut terjadi, pasti ada yang salah dalam perawatan baterai anda.

Cara merawat Baterai Smartphone sebenarnya sangat mudah. Anda cukup hanya menjaga dan tidak melakukan sesuatu yang membuat baterai rusak seperti menggunakan smartphone sambil mencharge. Hal tersebut jelas dapat merusak baterai smartphone karena dapat membuat baterai menjadi cepat panas hingga akhirnya baterai menjadi ngedrop atau soak.
Itu tadi salah satu cara merawat baterai smartphone, dan kali ini saya akan membagikan tips buat anda agar baterai smartphone anda tetap tahan lama. Berikut tips-tipsnya.

Cara Merawat Baterai Smartphone agar Tahan Lama

1. Gunakan Charger yang Tepat.

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah mengenai charger anda. Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone sekarang dapat menggunakan sebagian besar charger smartphone lainnya. Tetapi tahukah anda sebenarnya ada ada saja perbedaan antara merek charger yang satu dengan yang lain, seperti besar arus listrik yang dialirkan. Jika anda menggunakan charger smartphone yang memiliki aliran listrik yang lebih besar dari baterai anda, hal tersebut dapat merusak baterai smartphone anda. Jadi gunakanlah charger yang tepat agar tidak terjadi hal tersebut.

2.Jangan menggunakan Smartphone hingga baterai Smartphone habis Total.

Tahukah anda jika anda menggunakan smartphone hingga baterai habis total atau mati sangat berbaha untuk baterai anda. Baterai zaman

sekarang sudah menggunakan baterai li-ion atau li-polimer. Karena sudah menggunakan jenis tersebut sangatlah buruk menggunakan baterai smartphone sampai habis total. Karena apa? karena dalam waktu yang sama proses charge baterai dari 0-50% akan memakan daya yang lebih besar dibandingkan dari 50-100%. Hal tersebut tentu akan akan menyebabkan baterai menyerap arus yang lebih tinggi sehingga baterai menjadi panas dan lebih cepat rusak atau drop.

3. Usahakan Untuk Tidak melakukan Isi ulang Hingga Baterai penuh.

Tips merawat baterai smartphone lainnya adalah jangan melakukan isi ulang hingga baterai penuh. Usahakan tidak mencharge smartphone ketika ingin tidur dalam waktu beberap jam, hal tersebut tentu akan membuat baterai terisi penuh hingga 100% dan terus terisi hingga baterai menjadi panas. Usahakanlah mencabut charger ketika sudah mencapai 80-95% agar tidak terjadi hal demikian yang tentunya berakitbat fatal pada kesehatan baterai anda.

4. Disarankan untuk Mematikan Smartphone atau Mode Pesawat ketika Mencharge Smartphone

Terkadang ketika kita bermain smartphone, kita lupa untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di background. Padahal setelah itu kita melakukan charge terhadap smartphone kita. Dan akhirnya baterai menjadi panas dan dapat merusak smartphone anda. Untuk menghindari hal tersebut disarankan untuk mematikan smartphone anda. Selain smartphone menjadi dingin, baterai pun menjadi lebih cepat terisi dan lebih awet tentunya. Atau anda juga dapat membuat mode pesawat, karena mode pesawat dapat menghentikan beberapa system yang dapat membuat smartphone menjadi panas.

5. Hindari Menggunakan smartphone Secara Cycle

Cycle pada istilah smartphone adalah melakukan charge, pakai, charge, pakai pada smartphone anda. Hal tersebut ternyata sangat memperburuk baterai anda. Jika anda sering melakukan itu, diusahakan untuk berhenti.

6. Hindari tempat Panas.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, baterai sangat benci terhadap panas yang berlebih. Usahkan untuk menghindari suhu panas tinggi seperti tempat yang langsung terkena cahaya matahari.