Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman

Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak –  Kulkas merupakan salah satu alat rumah tangga yang sangat penting. Tanpa kulkas, hampur semua bahan makanan untuk dimasak akan lebih cepat busuk atau rusak. Contohnya ikan, Tanpa kulkas ikan tidak bisa bertahan setidaknya 24 Jam, padahal dengan kulkas ikan dapat bertahan hingga 3-5 hari. Hal tersebutlah yang membuat Kulkas ini sangan penting dan perlu untuk dirawat.

Bayangkan saja jika kulkas tidak dirawat. Ketika anda memiliki banyak bahan makanan di dalam kulkas, dan tiba-tiba kulkas anda rusak. Tentu anda tidak tau lagi menaruh bahan makanan anda dimana. Alhasil semua makanan pun menjadi busuk dan tidak dapat digunakan lagi. Tapi tenang, kali ini artikel saya akan membahas mengenai beberapa tips tentang cara merawat kulkas agar tidak cepat rusak. Beberapa tips ini terbukti ampuh meningkatkan usia kulkas anda.

Cara Merawat Kulkas agar Tidak Cepat Rusak

1. Hindari Kulkas dari sinar Matahari secara berlebih.

Tips pertama dan merupakan salah satu yang penting yaitu segera hindarkan kulkas dari sinar matahari secara berlebih. Sinar matahari dapat memanaskan mesin kulkas sehingga kulkas menjadi lebih cepat rusak. Jika kulkas anda selalu terkena cahaya matahari, segara pindahkan ketempat yang teduh dan terhindar dari matahari.

2. Jangan Memasukkan bahan makanan atau minuman yang panas kedalam Kulkas.

Jangan perna sesekali memasukkan yang panas panas kedalam kulkas. Uap yang keluar dari bahan yang panas itu akan merusak isi dari kulkas. Jika anda ingin memasukkan sesuatu, tunggu dulu hingga dingin lalu masukkan kedalam kulkas.

3. Jangan Meletakkan Kulkas menempel dengan Dinding

Jangan meletakkan kulkas sepenuhnya menempel dengan dinding. Jika tidak udara

panas yang dikeluarkan kulkas akan tidak keluar secara sempurna dan tetap pada mesin kulkas. Alhasil kulkas akan lebih panas dan lebih cepat rusak. Beri jarak kira-kira 10-20 cm agar udara keluar dengan sempurna.

4. Bersihkan Kulkas secara Rutin.

Pembersihan kulkas merupakan sesuatu yang penting dalam perawatan kulkas. Bersihkan es yang menumpuk di dalam kulkas. Jangan lupa bersihkan kondensor atau tempat pengeluaran udara panas kulkas. Terkadang banyak sekali debu pada bagian tersebut. Bersihkanlah bagian tersebut agar udara keluar lebih sempurna.

5. Jangan Membersihkan Es yang menumpuk Menggunakan Benda Tajam

Bersihkanlah Es yang didalam kulkas dengan rutin. Tapi jangan bersihkan menggunakan benda tajam dengan memukul mukul es yang menumpuk tersebut. Jika anda melakukan hal tersebut, ada kemungkinan benda tajam tersebut mengenai system yang ada dikulkas, sehingga kulkas menjadi rusak. Jika anda ingin mebersihkan Es yang menumpuk, Matikan saja kulkasnya dan buka pintu kulkasnya. Tunggu hingga es mencair, jangan lupa letakkan wadah di bawa kulkas agar air dari es yang mencair tidak membanjiri rumah anda.

6. Aturlah Suhu Kulkas sesuai kebutuhan anda.

Aturlah suhu kulkas sesuai kebutuhan anda. Jangan mengatur suhu kulkas terlalu dingin. Nanti kulkas menjadi lebih banyak mengeluarkan energy dan alhasil kulkas menjadi lebih cepat panas, dan tentunya akan lebih cepat rusak. Biaya listrik anda pun tentunya lebih mahal.

7. Hindari Membuka Kulkas terlalu Lama

Membuka kulkas terlalu lama ternyata dapat merusak kulkas. Ketika kulkas dibuka, udara dingin tentu akan keluar. Jika kita membuka kulkas hingga lama karena kelupaan menutupnya, kulkas akan bekerja lebih karena terus menghasilkan udara dingin, tetapi udara dingin tersebut tetap akan hilang. Sehingga Kulkas menjadi terus bekerja ekstra dan tentunya hal tersebut tidak baik untuk kulkas.

8. Jangan Terlalu Banyak mengisi Kulkas.

Selain kulkas menjadi kelebihan beban, kulkas pun harus bekerja ekstra karena harus menghasilkan udara dingin pada kulkas yang padat. Tentu hal tersebut akan merusak kulkas anda.