Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman

 Fungsi Antisipasi

 Fungsi Antisipasi Fungsi Antisipasi

Sering perusahaan menghadapi fluktuasi permintaan yang dapat diperkirakan dan diramalkan berdasar pengalaman atau data – data masa lalu, yaitu permintaan musiman. Dalam hal ini perusahaan dapat mengadakan persediaan musiman.

Disamping itu, perusahaan juga sering menghadapi ketidakpastian jangka waktu pengiriman dan permintaan akan barang selama periode permintaan kembali, sehingga memerlukan kuantitas persediaan ekstra yang sering disebut persediaan pengaman. Pada kenyataannya, persediaan pengaman merupakan pelengkap fungsi “ decoupling “ yang telah diuraikan diatas. Persediaan antisipasi ini penting agar kelancaran proses produksi tidak terganggu.

2.4 Hal – Hal Yang Perlu Dipertimbangkan

  1. Struktur biaya persediaan.
  • Biaya per unit (item cost)
  • Biaya penyiapan pemesanan (ordering cost)

–         Biaya pembuatan perintah pembelian (purchasing order)

–         Biaya pengiriman pemesanan

–         Biaya transportasi

–         Biaya penerimaan (Receiving cost)

–         Jika diproduksi sendiri maka akan ada biaya penyiapan (set up cost): surat menyurat dan biaya untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan.

  • Biaya pengelolaan persediaan (Carrying cost)

–         Biaya yang dinyatakan dan dihitung sebesar peluang yang hilang apabila nilai persediaan digunakan untuk investasi (Cost of capital).

–         Biaya yang meliputi biaya gudang, asuransi, dan pajak (Cost of storage). Biaya ini berubah sesuai dengan nilai persediaan.

  • Biaya resiko kerusakan dan kehilangan (Cost of obsolescence, deterioration and loss).
  • Biaya akibat kehabisan persediaan (Stockout cost)

 

RECENT POSTS