Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman

Menurut jenis input/output sinyalnya

Menurut jenis input/output sinyalnya

Menurut jenis input/output sinyalnya, komputer dapat digolongkan pula atas tiga jenis, yakni:

  1. Komputer analog adalah komputer yang bekerja berdasarkan jenis data (input dan output) yang bersifat analog, atau jenis data yang bersifat kontinum, seperti arus listrik, aliran air, dan kecepatan udara. Komputer jenis ini banyak disunakan untuk alat-alat kontrol, misalnya di pesawat udara, pada mesin dan alat-alat produksi, serta alat-alat laboratorium.
  2. Komputer digital adalah komputer yang bekerja untuk jenis data yang digital, yang berupa karakter-karakter huruf, angka dan karakter lain yang tidak bersifat kontinum.
  3. Komputer hibrida adalah komputer yang dapat mengolah data yang bersifat analog maupun digital, Jenis ini juga banyak digunakan untuk alat-alat kontrol.

Berdasarkan generasinya

Cara lain untuk mengklasifikasikan komputer adalah berdasarkan generasinya.

  1. Komputer generasi pertama

Komputer generasi pertama adalah komputer-komputer yang mula-mula sekali diciptakan. Komputer ini bekerja dengan peralatan tabung vakum (vacuum tube) sebagai elemen utamanya, sehingga sangat lambat dan terbatas sekali kemampuannya. Ukuran bobot sangat besar dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menggunakannya. Komoputer ini dibuat di akhir Perang Dunia II dan merupakan komputer yang pertama sekali berhasil dibuat. Termasuk ke dalam komputer ini adalah komputer Mark-1 (sebenarnya komputer ini belum menggunakan tabung vakum, tetapi relay, sebuah alat elektromekanis) yang diciptakan oleh Prof. Howard Aiken dari Harvard University bekerja sama dengan insinyur-insinyur IBM

  1. Komputer generasi kedua

Komputer generasi kedua sudah bekerja dengan lebih baik , menggunakan transistor. Ditemukaknnya transistor di akhir tahun 1950-an, bukan hanya mengakibatkan berkembang pesatnya teknologi elektronika, tetapi sekaligus juga mengakibatkan perubahan besar pada komputer. Tabung vakum menjadi kuno dan perannya digantikan oleh transistor. Hal ini mengakibatkan perlipatan yang luar biasa pada kecepatan pengolahan da penurunan yang luar biasa dari ukuran bobot komputer. Mesin-meesin seperti IBM 1401, honeywell 800, RCA 501 dan Sperry Rand Solid State 80, adalah kelompok yang menggunakan transistor sebagai elemen elektronisnya.

  1. Komputer Generasi Ketiga

Pada masa komputer generasi ketiga ini sistem operasi didominasi oleh UNIX dan Windows. UNIX masih memenuhi pasaran untuk bidang komputer dengan spesifikasi besar, tapi Windows lebih berkecimpung di bidang komputer kecil-kecil, atau komputer kantor dan rumahan. Walaupun pada masa ini Windows masih berbasis text dengan DOS (Disk Operating System) dan berkembang menjadi Windows 3.1. yang masih sangat minim grafisnya dibandingkan dengan Apple Macinthos.

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/