Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman
PENGERTIAN FILSAFAT PANCASILA MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN FILSAFAT PANCASILA MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN FILSAFAT PANCASILA MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN FILSAFAT PANCASILA MENURUT PARA AHLI

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa pengertian filsafat pancasila secara umum adalah filsafat pancasila sebagai hasil dari pemikiran yang paling mendalam yang dianggap, paling dipercaya dan sangat diyakini sebagai suatu norma dan nilai yang dianggap paling benar, adil, bijaksana paling baik dan paling sesuai untuk bangsa Indonesia.

Selain secara pengertian secara umum, untuk mengetahui pengertian filsafat secara keseluruhan kita perlu memahami dan mengerti pengertian filsafat menrurut tokoh atau para ahli dari dalam negeri ini. Karena pada dasarnya, pengertian mengenai filsafat pancasila seharusnya tidak langsung ditelan secara mentah-mentah, perlu analisi dan pemahaman yang cermat.

1. IR. SOEKARNO.

Bagi sosok Soekarno, filsafat pancasila merupakan filsafat asli dari Indonesia yang diambil dari budaya dan tradisi Indonesia dan akulturasi budaya India (Hindu-Budha), Barat (Kristen) dan Arab (Islam).

2. SOEHARTO

Filsafat pancasila mulai mengalami perubahan, melalui para filsuf yang lahir dari Depdikbud, semua elemen Barat disingkirkan dan diganti dengan interpretasi dalam budaya Indonesia (Pancasila truly Indonesia).

3. RUSLAN ABDULGANI

Ahli ini memiliki pendapat bahwa Pancasila itu adalah filsafat dari negara yang terlahir sebagai ideologi kolektif (cita-cita bersama) seluruh rakyat dan bangsa Indonesia.

4. NOTONAGORO

Notonagoro mengatakan bahwa filsafat pancasila memberikan pengetahuan dan pengertian ilmiah mengenai hakikat pancasila. Menurutnya, secara ontologi kajian pancasila sebagai filsafat dimaksudkan untuk mengetahui hakikat dasar sila-sila yang terkandung di dalam pancasila.


Baca Juga :