Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman
Pengertian Penyuluhan

Pengertian Penyuluhan

Pengertian PenyuluhanPengertian Penyuluhan

Penyuluhan merupakan suatu proses untuk memberikan penerangan kepada masyarakat tentang sesuatu yang belum diketahui dengan jelas untuk diterapkan dalam rangka peningkatan produksi pendapatan yang ingin dicapai melalui proses pembangunan. Selanjutnya Van den Ban & Hawkins (2009) mendefinisikan penyuluhan sebagai proses yang dilakukan secara sadar dengan memanfaatkan komunikasi informasi untuk membantu manusia membentuk pikiran dengan menghasilkan keputusan yang benar. Pada pengertian lainnya menyebutkan bahwa penyuluhan merupakan proses perubahan sosial, ekonomi dan politik untuk memberdayakan dan memperkuat kemampuan semua “stakeholders” agribisnis melalui proses belajar bersama yang partisipatif, agar terjadi perubahan perilaku pada diri setiap individu dan masyarakatnya untuk mengelola kegiatan agribisnisnya yang semakin produktif dan efisien, demi terwujudnya kehidupan yang baik, dan semakin sejahtera secara berkelanjutan (Mardikanto, 1993).

2. Metode Penyuluhan Kehutanan

Secara umum metode penyuluhan kehutanan dapat diartikan sebagai cara suatu cara dalam menyampaikan materi penyuluhan kehutanan terhadap pelaku utama atau pelaku usaha agar kemauan dan kemampuan mereka dalam mengorgasisasikan dirinya dalam mengakses informasi secara mudah, menguasai teknologi, serta sumber daya yang lain supaya produktivitas yang dihasilkan dapat meningkat serta efisiensi usaha sehingga terwujudnya peningkatan kesadaran dalam pelestarian lingkungan hidup. Selanjutnya, Mahbud (2007) mengatakan penyuluhan kehutanan merupakan upaya gerakan memasyarakatkan cinta hutan dan peduli lingkungan serta ekstensinya sehingga pengelolaan kawasan hutan lestari dan peningkatan fungsi-fungsinya dapat terwujud.
Metode penyuluhan kehutanan tidak terlepas dari metode pembelajaran. Pada umumnya penyuluh yang melakukan tugas penyuluhan memiliki kontak langsung dengan sasaran yakni masyarakat yang dimaksud. Kegiatan penyuluhan tersebut layaknya seperti pendidikan biasanya. Namun dalam hal ini bertujuan untuk mengajar serta mendorong tentang hal yang ingin disampaikan. Keberhasilan suatu penyuluhan secara signifikan dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang diterima oleh sasaran penyuluhan kehuatanan (Mardikanto, 1993).