Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman
Prinsip-prinsip penghimpunan dana bank syariah

Prinsip-prinsip penghimpunan dana bank syariah

Prinsip-prinsip penghimpunan dana bank syariah

Prinsip-prinsip penghimpunan dana bank syariah

Berdasarkan fatwa Dewan syariah Nasional prinsip penghimpunan dana yang digunakan dalam bank syariah ada dua yaitu prinsip wadi’ah dan prinsip mudharabah.

  1. Prinsip wadi’ah

Prinsip wadi’ah dalam perbankan syariah dapat diterapkan pada kegiatan penghimpunan dana berupa giro dan tabungan. Giro wadiah adalah titipan pihak ketiga pada Bamk syariah yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, kartu ATM, sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindahbukuan.

  1. Prinsip mudharabah

Penghimpunan dana dengan prinsip mudharabah, dapat dibagi atas dua skema yaitu skema muthalaqah dan skema muqayyah. Dalam penghimpunan dana dengan prinsip mudharabah muthalaqah, kedudukan Bank syariah adalah sebagai mudharib (pihak yang mengelola dana) sedangkan penabung atau deposan pembiayaan mudharabah muqayyadah. Pembagian hasil usaha dilakukan antara nasabah pemilik dana mudharabah muqayyadah dengan nasabah pembiayaan mudharabah muqayyadah. Tujuan dari kegiatan penghimpunan dana adalah untuk memperbesar modal, memperbesar asset dan memperbesar kegiatan pembiayaan sehingga nantinyadapat mendukung fungsi bank sebagai lembaga intermediasi.


Sumber: https://superforex.co.id/gunsnglory-premium-apk/