Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman
SEJARAH ATLETIK BESERTA CABANG-CABANGNYA

SEJARAH ATLETIK BESERTA CABANG-CABANGNYA

SEJARAH ATLETIK BESERTA CABANG-CABANGNYA

SEJARAH ATLETIK BESERTA CABANG-CABANGNYA

Perlombaan atletik pertama kali

pada masa Belanda diadakan di Jakarta tersebut diadakan di Pasar Gambir pada bulan Agustus dan September. Dan setiap tahunya selalu diadakan dengan kegiatan yang sama dan meriah. Dan diikuti oleh berbagai kota di Indonesia termasuk Bandung, Solo dan sekitarnya.

Sebagai cabang olahraga atletik, pasti tidak lepas dari perlombaan lari atau marathon. Pada saat itu, Indonesia sudah mempunyai atlit yang handal dan menonjol. Sehingga sudah mencetak prestasi dengan baik, dengan catatan waktu 10,8 detik dengan jarak 100 meter, yang pernah diraih oleh Muhammad Noerbambang.

Dari cabang olahraga lompat tinggi juga pernah mencetak prestasi dengan melompati dinding dengan tinggi 1.8 meter dan juga cabang olahraga lompat jauh dengan jarak 7 meter. Prestasi tersebut diraih oleh atlit Harun Alrasyid. Sejarah atletik tersebut masih berada pada masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Perlombaan atletik pertama dengan banyak peserta yaitu antar pelajar sekolah menengah di Yogya, Solo dan Bandung. Perlombaan atletik tersebut diadakan di Solo pada tahun 1943. Semua pelajar dari Bandung bergabung menjadi satu dibawah panji Gasemba atau Gabungan Sekolah Menengah Bandung. Begitu juga dengan Yogya, bergabung dalam Gabungan Sekolah Menengah Mataram.

Dalam pertandingan tersebut cabang olahraga yang diadakan yaitu lari dan jarak jauh. Berbagai cabang olahraga tersebut diadakan untuk kemajuan atletik dan antusias masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut. Dari kegiatan tersebut mulai muncul berbagai ikatan atau organisasi atletik di berbagai kota besar seperti Solo, Surabaya, Jakarta, dan sebagainya.

Pada tahun 1949, diadakan pekan olahraga yang diikuti oleh seluruh atlet di Jawa. Dari perlombaan tersebut melahirkan atlet Indonesia yang berprestasi dan menonjol di berbagai cabang perlombaan. Seperti Soetantio sebagai atlet lari 100 meter dengan waktu 11 detik. Soetrisno sebagai atlet bram matulesi atau lempar lembing.

Selain itu berbagai cabang olahraga yang diadakan meliputi olahraga lari estafet, lompat gala, marathon, lompat jauh, lari gawang, lempar lembing, jalan cepat, lari jarak pendek, tolak peluru dan masih banyak. Semua cabang olahraga tersebut diadakan dengan memperebutkan gelar juara dan juga medali yang sudah disiapkan.


Sumber: https://tiagorebelodeandrade.com/farmer-sim-apk/