Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman
SEJARAH ATLETIK LOMPAT JAUH

SEJARAH ATLETIK LOMPAT JAUH

SEJARAH ATLETIK LOMPAT JAUH

SEJARAH ATLETIK LOMPAT JAUH

Lompat jauh merupakan

salah satu cabang olahraga dalam olimpiade atletik. Sejarah atletik lompat jauh bermula pada abad 13 atau tahun 708 Masehi. Lompat jauh termasuk olimpiade kuno pada zaman Yunani. Olahraga lompat jauh digelar oleh Sparta dengan jarak mencapai 7.05 meter.

Pada zaman itu, lompat jauh mempunyai cara dan teknik yang berbeda dengan sekarang ini. Dimana pada zaman dahulu dibuat dalam bentuk jamak. Pelompat wajib berlari dengan membawa beban pada kedua tanganya dengan berat sekitar 1 hingga 4.5 kg.

Olahraga lompat jauh ini menjadi salah satu lomba cabang olahraga atletik. Dengan gerakan melompat dan mengangkat kaki keatas hingga menuju ke depan. Upaya tersebut membawa titik berat atau melayang ke udara yang dilakukan dengan jalan cepat lalu melakukan tolakan hingga mencapai jarak sejauh mungkin.

Lompat jauh mempunyai unsur yang harus dipenuhi agar lompatan bisa maksimal. Unsur tersebut meliputi kondisi fisik dan teknik persiapan. Kondisi fisik harus sehat sehingga lompatan yang dicapai sesuai dan terarah. Serta teknik persiapan juga harus diperhatikan agar lompatan dapat mendarat dengan baik dan maksimal.


Baca Juga :