Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman
Sejarah Muhammadiyah MASA ORDE BARU

Sejarah Muhammadiyah MASA ORDE BARU

Sejarah Muhammadiyah MASA ORDE BARU

Sejarah Muhammadiyah MASA ORDE BARU

Setelah memerangi PKI dan antek-anteknya

Muhammadiyah masuk ke periode Orde Baru yang saat itu Indonesia dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto. Pada Muktamar ke-37 1968, Muhammadiyah telah menetapkan KH Fakih Usman sebagai ketua umum. Namun tak lama kemudian beliau wafat dan digantikan oleh wakil ketua I, H. Ar Fakhrudin berdasarkan Sidang Tanwir.

H. Ar Fakhrudin menjadi ketua umum Muhammadiyah terlama sepanjang sejarah karena ia menjabat hingga 1990. Sosok yang sering disapa sebagai “Pak AR” ini dikenal sebagai pribadi sederhana, bersahaja, dan memberikan ceramah yang menyejukkan. Pada periode kepemimpinannya, Pak AR menonjolkan untuk “Me-Muhammadiyahkan lagi Muhammadiyah”.

Pada masa ini, Pak AR ditantang untuk mengubah asas Islam dengan Pancasila sebagai satu-satunya asas organisasi di Indonesia. Muhammadiyah akhirnya mengambil sikap “Siasat Jalur Helem” yang berarti untuk sementara, namun berdasarkan Islam. Beberapa kegiatan yang penting dalam periode ini antara lain ikut membidani lahirnya Partai Muslimin Indonesia (Parmusi), konsep kaderisasi dan pedoman pembinaan yang tersusun, dan juga pengukuhan Khittah Muhammadiyah di Ponorogo pada Muktamar ke-40.

Muktamar Muhammadiyah di Semarang tahun 1990 menghasilkan ketua umum baru. Dia adalah KH Azhar Basyir. Sosoknya dikenal sebagai tokoh kharismatik pejuang perang sabil, namun sekaligus ulama yang sederhana. Periode kepemimpinannya menghasilkan program jangka panjang Muhammadiyah 25 tahun yang terdiri dari bidang Konsolidasi Gerakan, bidang Pengkajian dan Pengembangan, dan bidang Kemasyarakatan.


Sumber: https://priceofcialisrnx.com/2020/04/cytus-ii-apk/