Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman

Solusi dari Permasalahan-Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Solusi dari Permasalahan-Permasalahan Pendidikan di Indonesia

           Untuk mengatasi masalah-masalah diatas, secara garis besar ada dua solusi yang dapat diberikan yaitu:

v Pertama,Solusi Sistematik, yakni solusi dengan menguuah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem oendidikan. Seperti diketahui sistem pendidikan sangat berkaitan dengan sistem ekonomi yang diterapkan. Sistem Pendidikan di Indonesia sekaranh ini, diterapkan dalam konteks sistem ekonomi kapitalisme (mahzab neoliberalisme), yang berprinsip antara lain meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk pendanaan pendidikan.

Maka solusi untuk masalah yang ada, khussa yang menyangkut perihal pembiayaan seperti rendahnya sarana fisik, kesejahteraan guru, dan mahalnya biaya pendidikan, berarti menuntut juga perubahan sistem ekonomi yang ada. Akan sangat kurang efektif kita menerapakan sistem pendidikan Islam dalam Atmosfer sistem ekonomi kapitalis yang kejam.  Mka sistem Kapitalis saat ini wajib dihentikan dan di ganti dengan sistem ekonomi Islam yang menggariskan bahwa pemerintahlah yang akan menanggung segala pembiayaan pendidikan negara.

v Kedua, Solusi teknis, yakni solusi yang menyangkut hal-hal teknis yang berkait langsung dengan pendidikan. Solusi ini misalnya untuk menyelesaikan masalah kualitas guru dan prestasi siswa.

Maka, solusi untuk masalah-masalah teknis dikembalikan kepada upaya-upaya praktis untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan. Rendahnya kualitas guru, misalnya di samping diberi solusi peningkatan kesejahteraan, juga diberi solusi dengan membiayai guru melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kuualitas guru. Rendahnya prestasi siswa, misalnya, di beri solusi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran, meningkatkan alat-alat peraga dan sarana-sarana pendidikan, dan sebagainya.