Web Download Mod Aplikasi dan Software Gratis dan Aman

Tari Sanghyang Dedari

Tari Sanghyang Dedari

Sanghyang Dedari, adalah jenis tarian ritual dengan kepercayaan bahwa ada saat-saat  tertentu turt menemui umatnya dan ia memasuki tubuh si penari. Sanghyang adalah sebutan yang berarti “ Suci ”.

Dedari artinya Malaikat. Tari ini dipentaskan oleh dua orang gadis mungil dibawah umur, karena keperawanan berarti kesucian. Tari Sanghyang dimana para penarinya kesurupan sebelum menari,dipentas dipura dan diiringi dengan iringan-iringan menuju tempat yang ditentukan. Diiringi tembang kidung suara pria dan wanita , para penari mulai melirik-lirik bebas seperti gemulai tarian legong. Sangat ajaib, bahwa gerak mereka selalu sama, walaupun mereka menari dengan mata yang tertutup selama pertunjukan. Begitu kidung terhenti, gadis cilik tersebut terhempas yang kemudian segera digotong dan segera dibebaskan dari pengaruh kesurupan oleh pemangku, setelah memercikan mereka dengan air suci.

Tari Sanghyang Jaran

Tarian ini merupakan tarian penutup pertunjukan.

Tari Sanghyang Jaran ini di tarikan oleh seorang laki-laki kesurupan, yang berjingkrak-jingkrak seperti tingkah laku seekor kuda. Ia menari diatas bara api terbuat dari sabut kelapa. Jika kidung Sanghyang menuntunnya ke api , maka ia pun akan menari diatas api tersebut.

      Setelah kita menyaksikan pertunjukan tari kecak dan tari sanghyang, kami melanjutkan perjalanan untuk makan malam di Renon Resto sekitar pukul 20:30 WITA. Dan kemudian dilanjutkan menuju hotel Central Park untuk istirahat pukul 21:00 WITA.

 

Sumber :

https://finbarroreilly.com/